Friday, 24 July 2009

Melatih Jurus Kedua (1)

Setelah kita menguasai jurus 'if', sekarang kita akan belajar jurus baru yaitu namanya 'for'.

Wattau..!!!

For yang kalau diartikan 'untuk' ini adalah sebuah pengulangan (loop). Pengulangan berfungsi untuk menyederhanakan kode kita agar dilihatnya nggak panjang/ banyak baris kode (siapa bilang banyak baris kode bagus?!) dan memperkecil ukuran source code (kode sumber, itu loh file yang berisi kode2-nya). Jadi intinya penggunaan 'for' berfungsi untuk membuat program se-efisien mungkin.

Bentuk umum pengulangan for:
...
for( inisialisasi; kondisi; inisialisasi_kembali){
...
}
...


  1. Inisialisasi, berfungsi sebagai awal proses pengulangan. Biasanya diisi dengan membuat variabel sebagai penanda pengulangan telah sampai dimana. Tapi bisa juga tidak diisi.

  2. Kondisi, berfungsi sebagai pemeriksaan diakhir pengulangan, jika kondisinya sudah tidak terpenuhi lagi maka pengulangan akan selesai. Ini merupakan bagian terpenting karena kalau salah membuatnya maka akan terjadi 'infinitive loop' atau pengulangan tanpa akhir (bisa-bisa nge-hang komputernya >_<).

  3. Inisialisasi kembali, berfungsi untuk inisialisasi kembali, wew.. kata-katanya diulang-ulang.. ~_~ , tapi maksudnya yah itu.



Bingung dengan penjelasan diatas? nggak perlu pusing-pusing mikirin apalagi sampe ngingetin semaleman ( apa coba, hehehe.. ^_^ ). Yang pentingkan mengerti pola dan kegunaannya beres kan?!.

Sehingga kalau nanti ketemu kode seperti berikut:


...
#include < stdio.h >

int main(){
for( int A = 0;A < 5;A++){
printf("A = %d\n",A);
}
printf("\n\n");

int B;
for(B=0;B < 5;){
printf("B = %d\n",B);
B++;
}
printf("\n\n");

int C=5;
for(;;C--){
char D=45+C;
printf("C = %d, dan D = %c\n",C,D);
if(C < 1){
break;
}
}
printf("\n\n");

return 0;
}
...

Err.. moga- moga kodenya kebaca.. heheh. soalnya ngk tau caranya bikin spasi/hirarki kode @_@ ( itu loh jarak isi kode). Ok, setelah penjelasan diatas maka kita tidak perlu cemas, dan gelisah hehehe.. karena sudah mengerti dasarnya ^^.

"Hmm... printf itu fungsinya untuk apa yah?", printf berfungsi sama seperti halnya 'cout', printf merupakan fungsi dari library bahasa C (kakaknya C++). Dan penggunaannya harus mengikuti pola tertentu. Misal untuk menampilkan variabel bertipe int menggunakan '%d', untuk char '%c', dan string '%s', Ribet deh.. ^^ .

Ntar kita lanjutin pembahasannya...

6 comments:

  1. mas mas mas...
    bkin game pke 3d campur c++ gmn yaaak?? sebenarnya ni bwt bahan skripsi tar. pngen bkin game ky dota gt. T_T mnt sarannya naaaa....

    ReplyDelete
  2. Wah sekelas dota yah... saran saya cuma satu mental yang kuat, banyak latihan, terus cari informasi/ilmu di internet, dan makan makanan bergizi biar tetap sehat.. (wew.. banyak amat 1-nya)....

    Karena game DotA sebetulnya hanya Map untuk game Warcraft III : Frozen Throne... maka kamu harus bisa bikin game seperti Warcraft III, dan game komersial seperti itu nggak dikerjakan sendirian berpuluh-puluh programmer, artist (yang bikin gambarnya) bergabung dalam pembuatannya...

    Kalau untuk urusan 3D + C++, saran gunakan OpenGL.... di blogku baru game 2D.. xD

    ReplyDelete
  3. tolong jelasin boleh kan??

    int C=5;
    for(;;C--){ // kenapa penulisan for-nya beda?
    char D=45+C;

    trus hasil 'D' nya
    D = 2
    D = 1
    D = 0
    D = /
    D = .
    D = -
    ..benerr begitu gak?
    aku bingung sama output 'D'-nya kenapa hasilnya segitu
    thx

    ReplyDelete
  4. " for(;;C--){ // kenapa penulisan for-nya beda? "

    coba lihat penjelasan "for( inisialisasi; kondisi; inisialisasi_kembali)" . Disitu dijelaskan bagian pertama adalah inisialisasi, kita dapat mengunakan variabel apa saja untuk mengatur jalannya pengulangan. Jika kita tidak memiliki variabel yang mengatur pengulangan kita dapat membuatnya di bagian inisialisasi, yang biasanya diisi seperti kode berikut:

    for( int A = 0;A < 5;A++)
    for( int i = 0;i < Max;i++)
    for( int j = 0;j < 15;j++)
    for( int k = 0;k > 5;k--)

    Tetapi disini kita telah membuat variabel C diluar pengulangan, sehingga variabel C tidak hanya dapat digunakan di dalam pengulangan tetapi juga setelah kode pengulangan tersebut. Umumnya variabel C ini ditaruh di parameter "inisialisasi" karena fungsinya hanya untuk mengatur pengulangan yang berlangsung jadi setelah pengulangan variabel ini tidak digunakan lagi. Yang harus diperhatikan dari pengulangan yang satu ini adalah parameter kedua, yaitu kondisi. Disini kondisinya tidak ditentuin apakah pengulangan akan berhenti jika C lebih kecil dari 0 (C < 0) atau tidak. Tapi kita dapat memakai kata kunci break untuk mengakhiri pengulangan. Pengulangan akan berakhir jika C < 1 (if (C<1) break; ).

    Untuk output D, D merupakan tipe data char (atau karakter), seperti 'a', 'b', 'c', atau bahkan '1'. Lalu kita melakukan inisialisasi dengan nilai 45 integer ditambah 5 integer, bukan char. Artinya nilai integer 50 pada char adalah karakter '2'. Ini merupakan urutan karakter dalam ASCII... silahkan lihat gambar berikut : http://4.bp.blogspot.com/_y-8SaPfOMxg/TRQqikw1ozI/AAAAAAAAAKY/idebxCUKga0/s1600/42_ASCII_Chart.2.png

    ReplyDelete
  5. oh gitu toh
    makasih atas penjelasannya yang panjanggg..

    lain kali pasti saya mampir lagi di postingan yang lain kalau saya kurang paham

    boleh kan?

    ReplyDelete

Maaf jika komentar anda lama terbitnya ^__^, penulis berusaha OL sesering mungkin. Komentar anda adalah semangat blog ini, dan juga semangat para blogger lainnya. You can use XHTML tags: <a href="" rel="link"> </a>, <strong> </strong>, <b> </b>, <em> </em>, <i> </i>.

Spesial character use :
&lt; for <
&gt; for >


Use Pastebin.com for alternative to display your code :) .

 

back to top

back to top