Sunday, 9 August 2009

Melatih Jurus Kedua (2)

Bersiap!!

Kalau mau lebih lengkapnya tentang kode di Postingan Melatih Jurus Kedua (1) dapat didownload kodenya melalu link yang ada diakhir kalimat. Tapi tenang aja aku akan jelaskan lebih lanjut lagi, kita ambil contoh bentuk kode for yang sering dipakai untuk pembelajaran atau tutorial (hehehe... ngk kreatif yah ~_~), seperti berikut:


...
for( int A = 0;A < 5;A++){
printf("A = %d\n",A);
}
...


Kira-kira maksud dari kode diatas adalah Pertama dia akan ngebuat variabel A (tipe data int) dengan nilai awal = 0, nah dibagian ini cuma dijalanin atau dibuat sekali doang. Kedua dia meriksa apakah A (awalnya dikasih nilai 0) lebih kecil dari 5? Kalau yah maka pengulangan terjadi dan masuk ke tubuh pengulangan yang ada fungsi 'printf()'-nya, tau kan fungsi printf() kalau belum lihat posting sebelumnya.

Selanjutnya ngapain setelah pernyataan dijalankan? Kita masuk ke proses 'inisialisasi kembali' yaitu pada bagian A++. Buat apaan sih A++? buat naikin nilai sih A sebanyak 1, karena si A bilangan bulat jadi kalau sih A nilai 0 maka naik 1 jadi 1. Bisa juga seperti ini 'A += 5' itu berarti A ditambah 5 beda loh sama 'A = +5', kalau yang ini A sama dengan +5 (ples lima). Nah proses penambahan ini biasa disebut increment sedangkan pengurangan disebut decrement ( Zzz. kayanya bukan istilah de.. tapi nerjemahin bahasa Indonesia ke Inggris, masa bodoh ah.. ^_^ ).

"Tujuannya buat apa sih ditambah gitu?", Ini karena pengulangan baru berhenti kalau si A lebih besar atau sama dengan 5. Tapi pengulangan terus berjalan selama A < 5. Pada bagian ketiga ('inisialisasi kembali') bisa saja tidak ditulis tapi ditulis didalam tubuh for-nya ( kecuali emang ingin bikin hang komputernya @_@ ), sehingga bentuk kodenya jadi seperti pada bentuk for dengan variabel B (lihat posting sebelumnya).

"Kalau break itu fungsinya?", break berfungsi untuk keluar dari pengulangan juga. Kalau main tulis break tanpa kondisi tertentu, yah pengulangan bakal langsung keluar (lihat bentuk for dengan variabel C). Misal ada kode berikut:


...
for( int A = 0;A < 5;A++){
printf("A = %d\n",A);
break; //kode 1
}

for( int A = 0;A < 5;A++){
break; //kode 2
printf("A = %d\n",A);
}
...


Kalau yang kode 1 printf()-nya dijalanin dulu, tapi kalau kode 2 langsung keluar dari pengulangan, nah ini yang disebut algoritma kalau emang mau nampilin output dulu dengan fungsi printf().

Selain for, pengulangan di C++ juga ada 2 lagi (jadi totalnya 3), yaitu while dan do-while. Kedua bentuk lainnya punya kelebihan dan kelemahan. Contoh kalau for untuk pengulangan yang jumlah pengulangannya sudah diketahui sedangkan while dan do-while belum diketahui. Kalau mau lebih lengkap cari aja di google ;) hehehehe. Tapi tenang (tenang melulu dari setadi) source code dibawah ini aku sertakan pengulangan dengan bentuk while kalau do-while cari aja yah >.<.

Kalau bingung nih ada link untuk download source code-nya... sizenya cuma 109 KB.

- krofz

2 comments:

  1. Haha, Jurus apaan nih? jurus game apa jurus bikin game? haha gak ngerti! sorry ya ak emang ga bisa C++ tapi bisa VB ma Flash! ntar kalo udah bisa C++ balik ke sini deh... btw belajar C++ nya dimana ya?

    ReplyDelete
  2. sorry lama balesnya hahaha... maklum jarang online..

    Jurus bikin game-lah.... kalau bikin game mulai programming pasti ketemu dan kepakai sama ini jurus (C++).

    Aku belajar C++ dari google. hahaha. maksudnya googling di google.. ketik aja 'Tutorial C++' atau 'Lesson C++', 'Learning C++', pasti banyak result (hasil)-nya..

    Sering-sering mampir yah ^^

    ReplyDelete

Maaf jika komentar anda lama terbitnya ^__^, penulis berusaha OL sesering mungkin. Komentar anda adalah semangat blog ini, dan juga semangat para blogger lainnya. You can use XHTML tags: <a href="" rel="link"> </a>, <strong> </strong>, <b> </b>, <em> </em>, <i> </i>.

Spesial character use :
&lt; for <
&gt; for >


Use Pastebin.com for alternative to display your code :) .

 

back to top

back to top