Thursday, 20 August 2009

SDL, The First Hero

Hello Hero!

"Mana nih posting, tutorial atau latihan buat bikin game-nya katanya blognya 'Membuat Game Dengan C++'?", mungkin keluhan dari salah satu pembaca blog ini. Tapi mungkin keluhan itu belum muncul karena masih sedikitnya pembaca atau mereka takut dituntut dengan UU IT :p hehehe... tenang aja jika kamu sudah bisa jurus 'if' dan 'for' maka semuanya akan menjadi lebih mudah. Kali ini aku akan perkenalkan salah satu library (pustaka) yang powerfull, yaitu SDL.

SDL merupakan singkatan dari Simple Directmedia Layer, yang merupakan sebuah libary dalam pemrograman untuk menciptakan sebuah program berbasis GUI (Graphic User Interface)
2D (2 Dimensi). Library-nya dapat didownload dari situs resminya, yaitu www.libsdl.org. Library ini mendukung banyak bahasa pemrograman (dapat dilihat dari situs resminya).

"Kok 2D, sekarangkan sudah jamannya 3D (*lirik game-game terbaru*)?", Sabar dong yang 2D aja belum bisa apalagi 3D (*dengan nada menghakimi, padahal yang dihakimi mungkin lebih ahli :P). Memang kalau kita membuat game dari awal (mulai dari programming) tanpa menggunakan tool/engine atau aplikasi seperti GameMaker, RPGMaker, dll, hasilnya bakal sangat lamaaaaa......... Ditambah lagi membuat-nya sendiri mulai dari art/graphic/gambar, sound/suara, design, music, dll, tapi setelah selesai membuat (game)-nya pasti akan terasa sangat puas ^_^ (ciye... yang udah ngerasain bikin game pake SDL *siul-siul* , buahahahahha... oops :P ).

Dan mengenai game 2D atau 3D. Kalau kalian ingin membuat game 3D dapat menggunakan API (Application Programming Interface) seperti OpenGL, atau DirectX yang mungkin nanti akan dihabas disini :) . Silahkan Googling aja kalau ingin tau lebih lanjut.

Jadi, tetap tunggu postingan selanjutnya tentang SDL :D dan tentunya Jurus-jurus C++ lainnya.

- krofz

( Updated 23 September 2013 )

No comments:

Post a Comment

Maaf jika komentar anda lama terbitnya ^__^, penulis berusaha OL sesering mungkin. Komentar anda adalah semangat blog ini, dan juga semangat para blogger lainnya. You can use XHTML tags: <a href="" rel="link"> </a>, <strong> </strong>, <b> </b>, <em> </em>, <i> </i>.

Spesial character use :
&lt; for <
&gt; for >


Use Pastebin.com for alternative to display your code :) .

 

back to top

back to top