Thursday, 8 October 2009

Setting SDL di Code::Blocks v8.02 (2)


Ini Adalah Sebuah Awal..

Tulisan ini merupakan lanjutan dari:
Setting SDL di Code::Blocks v8.02 (1)

Sudah OK semuanya? selanjutnya men-setting SDL pada IDE, untungnya di Code::Blocks cuma klik sana klik sini doang. Jalankan Code::Blocks, lalu pilih menu "File-> New-> Project...", lalu pilih kategori "SDL Project", lalu pilih "Go":

Gambar 1. Membuat SDL project

Next, jika muncul gambar seperti berikut:

Gambar 2. Lokasi project

Masukkan alamat folder yang akan ditempati proyek (project) lalu masukkan nama proyek-nya, isi sesuai gambar juga nggak masalah (asal drive "D:\" ada). Selanjutnya klik next, sampai muncul gambar berikut:

Gambar 3. Memilih lokasi SDL

Jika setelah next nggak muncul seperti gambar diatas pilih cancel, biasa-nya kalau pertama kali setting SDL di Code::Blocks (v8.02) gambarnya bukan kaya diatas (niatnya mau diambil screenshot-nya, eh udah instal ulang programnya masih nggak muncul juga gambarnya XD ). Udah muncul gambarnya, seperti diatas? Kalau sudah pilih button/tombol browse (yang gambarnya titik-titik tiga) jika belum memilih lokasi SDL. Selanjutnya memilih output dari SDL, ada 2 jenis output yaitu "Debug", dan "Release". Bisa keduanya kita centang sesuai atau salah satu, seperti gambar berikut:

Gambar 4. Pilihan output program SDL

Perbedaan release dengan debug .... eh... eh.... *Mikir dulu, lama.. banget*
Pada release ukurannya lebih kecil dari debug karena tidak disematkan/dimasukkan intruksi-intruksi untuk proses debug (pencarian kesalahan program atau bug) kali *siul siul*.
Selanjutnya pilih finish, dan isi dari project (pada panel "Management" bagian kiri) yang kita buat adalah sebagai berikut:

Gambar 5. Isi project SDL

  1. "main.cpp", berisi kode-kode bahasa C++ yang berasal dari template project SDL-nya Code::Blocks. Nanti kita akan bahas setiap kode-nya ( kalau sempet yah ;D ).

  2. "cb.bmp", merupakan gambar dengan format .bmp (Bitmap) yang akan ditampilkan oleh program GUI kita.
Kalau sudah di-finish pilih "Build -> Build and run (F9)". Kalau kita sudah mensetting file .dll (SDL). maka program dapat langsung berjalan dan hasil akhirnya adalah sebagai berikut dengan lebar window (jendela program) sebesar 640 pixel dan tinggi sebesar 480 pixel:

Gambar 6. Program SDL pertama kita!

Tapi jika file .dll-nya belum disetting atau diatur sistem akan menampilkan pesan kesalahan seperti pada gambar dibawah ini:

Gambar 7. Dimana SDl.dll-nya?


Sekarang tau kan fungsi file .dll :D . Sampai disini kita baru mengatur agar file SDL yang kita download dapat digunakan oleh compiler/IDE dan menggunakan template program SDL sebagai awal pembuatan program SDL kita. Selanjutnya kita akan bedah satu persatu setiap kodenya hehehe...

- krofz

6 comments:

  1. kk kalo setting compilernya gimana ya

    ReplyDelete
  2. Wah, setting compiler seperti apa ini? Pada artikel ini yang di setting adalah library SDL dan bukan compilernya. :)

    ReplyDelete
  3. kakak,,pas setting lokasi sdl kok punya ane eror2 mulu yaa??

    ReplyDelete
  4. Wah, pesan errornya seperti apa yah? bisa dibuat screenshotnya? Yang terpenting saat membuat project SDL adalah lokasi SDL yang ditunjuk terdapat 2 folder, yaitu folder include dan lib.

    Mungkin kamu melewatkan bagian pertama "Setting SDL di Code::Blocks v8.02 (1)" .... :D

    ReplyDelete
  5. kk ini tiap kali setting sdl slalu muncul pesan error, "the path you entered seems valid, but this wizard cannot locate the following SDL's include file : SDL.h in it."

    kenapa?

    ReplyDelete
  6. Kamu sudah membaca part 1-nya? Masalahnya ada pada folder "include". Di part 1 , kita membuat folder SDL, yg didalamnya ada folder lagi yaitu "include" dan "lib". Di dalam folder "include" kita letakkan file header SDL (SDL.h, SDL_image.h, dst).

    Semoga membantu ... :)

    ReplyDelete

Maaf jika komentar anda lama terbitnya ^__^, penulis berusaha OL sesering mungkin. Komentar anda adalah semangat blog ini, dan juga semangat para blogger lainnya. You can use XHTML tags: <a href="" rel="link"> </a>, <strong> </strong>, <b> </b>, <em> </em>, <i> </i>.

Spesial character use :
&lt; for <
&gt; for >


Use Pastebin.com for alternative to display your code :) .

 

back to top

back to top