Sunday, 24 January 2010

Membuat File Teks

Semakin kompleks game yang kita buat semakin tidak mungkin untuk diselesaikan dalam satu hari atau beberapa jam. Bayangkan sebuah game dengan cerita dan gameplay seperti Final Fantasy atau Tomba 2 (Tomba 1 belum pernah maen @_@) ditambah bumbu-bumbu rahasia di setiap peta atau quest-nya untuk membuat player terus mencari dan melengkapi quest-quest yang ada. Karena program tidak mungkin untuk terus dijalankan 24 jam x 7 hari alias terus-terusan, belum lagi nggak sengaja kepencet tombol reset dan hal-hal lainnya yang membuat program harus ditutup (close). Maka perlu dibuat sebuah file atau save-an (Save Game) yang dapat menyimpan informasi seputar game kita (jadi inget memory card PS dulu ). Intinya harus ada check point (kaya di Crash Bandicoot aja) agar game dapat dilanjutkan tanpa perlu memulai dari awal. Bisa stress orang!! ngulang terus nggak tamat-tamat.

Nggak perlu panjang lebar ngomongnya eh.. nulisnya..., nih aku kasih contoh programnya:

/*
Source Code ini adalah bahan/materi
untuk blog:

http://membuatgamedengancpp.blogspot.com/

*/

#include <iostream>
#include <conio.h>
//file stream
#include <fstream>

int main()
{
std::string namafile;

printf("Masukkan Nama File : ");
std::cin>>namafile;

namafile+=".txt";
//membuat file dengan nama dari variabel namafile
std::ofstream membuatfile( namafile.c_str()), tes("C:/Contoh Lainnya.txt");
//dapat juga seperti berikut:
// ...
// std::ofstream teslagi;
// teslagi.open(namafile.c_str());
// ...

membuatfile<<"Lagi belajar bikin Save Game";
printf("File %s Telah Dibuat",namafile.c_str());

membuatfile.close();
tes.close();

//program berjalan dengan sempurna
getch();
return 0;
}

//- krofz

Dengan menggunakan tipe ofstream (dalam namespace std dan dengan file header <fstream>), cukup dengan mengisi parameter dalam variabel yang dibuat dengan namafile atau pada lokasi tertentu (contoh: "C:/tesdoang.txt"). namafile += ".txt", dibuat agar file yang terbentuk adalah file teks biasa dengan format ".txt" (walaupun isinya mungkin bukan teks biasa!). Kode diatas memang sedikit dicampur aduk dengan cin, mestinya-kan pasangan printf, scanf(), hehehe. Maklum nyoba kode berikut nggak berhasil-berhasil hahahaha :


...
printf("Masukkan Nama File (Tambahkan .txt) : ");
scanf("%s",namafile.c_str());

namafile+=".txt";
...

Yang penting kode sebelumnya bisakan (kayanya mesti banyak belajar lagi nih). Terakhir... setelah file telah dibuat dan diisi ("membuatfile<<"Lagi belajar bikin Save Game";"), selanjutnya adalah menutup file dengan "namavariabel.close()". Ditutup agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Jika ingin download source code dan aplikasi-nya klik link ini, sizenya 139 KB.

- krofz

3 comments:

  1. bikin file tuh gmana seh mas..???
    ne masi angkatan 3 .. dapet tugas akhir bikin games juga .. pke graphics .. tapi kita pake allegro ...,,, balik lagi yang bikin file sebelum operasi file .. mohon bantuannya ..

    ReplyDelete
  2. Nggak masalah menggunakan library allegro pun. Sisipkan saja library "fstream", lalu gunakan variabel dengan tipe data ofstream (output file stream) seperti pada tulisan diatas.

    Yang terpenting adalah nilai atau variabel apa yang akan kita simpan nanti, agar dapat dipanggil lagi selanjutnya. Contoh sederhana adalah koordinat (x,y) karakter pada game.

    ReplyDelete

Maaf jika komentar anda lama terbitnya ^__^, penulis berusaha OL sesering mungkin. Komentar anda adalah semangat blog ini, dan juga semangat para blogger lainnya. You can use XHTML tags: <a href="" rel="link"> </a>, <strong> </strong>, <b> </b>, <em> </em>, <i> </i>.

Spesial character use :
&lt; for <
&gt; for >


Use Pastebin.com for alternative to display your code :) .

 

back to top

back to top