Thursday, 25 February 2010

Kapal Luar Angkasa (1)

Kapal Luar Angkasa, First Release!!!


Kali ini, kita akan membuat game kaya screenshot diatas. Game kapal-kapalan, mungkin kelihatannya udah basi, dan nggak seru hahaha.., tapi yang pentingkan gamenya buatan kita h_n . Berikut ini Source Code dan Program jadinya :

Link : http://www.mediafire.com/download/99loa48qj164hnl/Kapal_Luar_Angkasa_v0.1.7z
Size : 626 KB

Control:
- Arrow = Bergerak (Move)
- Space = Nembak (Shoot)

Kalau kamu masih pemula dan baru belajar library SDL dari blog ini, dijamin nggak bakal bisa "membangun" (build) source code ini menjadi program (.exe) . Soalnya sampai sini baru setting "SDL Main (SDL.h)", belum men-setting "SDL Image (SDL_image.h)" untuk pemanggilan format gambar yang umum (.jpg, .png), dan "SDL TTF ("SDL_ttf)" untuk penggunaan jenis font (huruf). Jadi source code-nya tidak bisa maen kompilasi (build) begitu saja. Oleh karena itu silahkan download SDL Image di alamat berikut http://www.libsdl.org/projects/SDL_image/, lalu pilih bagian Binary, terus silahkan download file SDL Image yang ada tulisan devel-nya (devel = developer) sesuai Sistem Operasi yang dipakai. Kalau mau download semua silahkan nggak gede kok file-nya , mungkin bisa bermanfaat nantinya. Kalau untuk TTF-nya (TTF = True Type Fonts) sama yang ada devel-nya silahkan cek ke alamat berikut http://www.libsdl.org/projects/SDL_ttf/ , kalau nyasar silahkan tanya tukang ojek deket-deket situ . Sudah download kedua file tersebut? OK, kita lanjutkan. Kira-kira isi dari kedua arsip tersebut seperti gambar berikut:

Gambar 1. Jeroan arsip SDL Image dan SDL TTF.

Mari kita pindahkan (copy) file-file yang diperlukan dari kedua arsip diatas. Pertama copy file SDL_image.h, dan SDL_ttf.h ke subfolder include di folder SDL (bingung narohnya? Lihat setting SDL Main disini). Kedua copy file SDL_image.lib, dan SDL_ttf.lib ke subfolder lib di folder SDL. Untuk file lainnya yang ada di folder lib, yaitu libfreetype-6.dll, jpeg.dll, libpng12-0.dll, dst bisa diletakkan di C:\Windows\System32\ (ini kalau SO-nya Windows XP, dan instalnya di partisi C:\) atau satu folder dengan program yang akan dibuat. Kalau sudah melakukan cara-cara diatas dijamin proses build masih gagal, what??!@#$%... . Karena program belum di-link-an ke library (.lib) SDL_image.lib dan SDL_ttf.lib. Untuk silahkan bikin project baru di Code::Blocks, lalu pilih SDL Project. Untuk proses link-nya klik kanan project-nya di bagian Management (ada di sisi kiri), lalu pilih "Build options...", lihat gambar berikut:

Gambar 2. Setting link project di Build Options.

Selanjutnya klik pilih tab "Linker Settings", kalau bagian "Link Libraries" masih berarti pointer masih mengarah kepada bagian "Release". Lihat sisi sebelah kiri lalu klik "Kapal Luar Angkasa", dah adakan isinya . Sekarang pilih tombol Add, lalu tambahkan SDL_image, klik OK, lalu klik Add lagi tambahkan SDL_ttf, lalu OK, setelah itu tutup build options dengan OK, seperti gambar berikut:

Gambar 3. Tambahan link library.

Kalau sudah sekarang sudah bisa build source code yang aku sertakan diatas (file pendukungnya jangan lupa satu folder dengan souce code atau project). Selanjutnya baru aku akan jelaskan fungsi-fungsi penting dari program "game" Kapal Luar Angkasa ini.

- krofz

6 comments:

  1. Trims, sedikit membantu. Ngak sepenuhnya, soalnya aku di memrogram di Linux. Beda oi :(

    ReplyDelete
  2. Hahaha.. maaf untuk kasus sobat tidak dapat membantu banyak XD...

    maklum belum pernah linking library di Linux, mang IDE-nya apaan sob? pakai compiler gcc? *sok tahu* ^_^

    ReplyDelete
  3. Bisakah Anda membuat ulang sebuah artikel untuk menampilkan sebuah gambar .png pada game yang di buat dengan menghilangkan warna latarbelakangnya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pada artikel selanjutnya Kapal Luar Angkasa (2) terdapat kode untuk menyeleksi warna pada gambar dan membuang warna yang tidak diperlukan, dalam hal ini warna background yg umumnya flat rata semua (misal biru terang). Lihat fungsi SDL_SetColorKey( gbrOptimal, SDL_SRCCOLORKEY, SDL_MapRGB( gbrOptimal->format, r,g,b)).

      Kalau memang kurang jelas bisa ditanyakan lagi. :)

      Atau nanti saya buat lagi artikelnya.. :D

      Delete
  4. file-nya not found kang, mohon di upload ulang ya. ane mau belajar banyak tentang cpp :)
    kalo udah, tolong kabari ane via Twitter.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah saya update linknya :)

      maaf saya nggk punya Twitter :P

      Delete

Maaf jika komentar anda lama terbitnya ^__^, penulis berusaha OL sesering mungkin. Komentar anda adalah semangat blog ini, dan juga semangat para blogger lainnya. You can use XHTML tags: <a href="" rel="link"> </a>, <strong> </strong>, <b> </b>, <em> </em>, <i> </i>.

Spesial character use :
&lt; for <
&gt; for >


Use Pastebin.com for alternative to display your code :) .

 

back to top

back to top