Friday, 9 July 2010

Mainkan Musiknya (3)

Tulisan ini merupakan lanjutan dari:
Mainkan Musiknya (1)
Mainkan Musiknya (2)

Perhatikan potongan kode berikut:

...
//di fungsi proses pada kelas tombol
if( X > kotak.x && X < (kotak.x+kotak.w) &&
Y > kotak.y && Y < (kotak.y+kotak.h))
{
Mix_PlayChannel(-1, sndKlik,0);
return true;
}
return false;
...
if ( Mix_PlayingMusic() == 0)
{
if ( Mix_PlayMusic(musik,-1)==-1) return 1;
}
...
Kita mulai dengan memainkan variabel efek suara (sound effect), dengan memanggil fungsi "Mix_PlayChannel()". Argumen pertama pada fungsi tersebut adalah channel yang akan dimainkan. Nilainya kok min 1 (-1)? Karena itu standarnya , sungguh tak memberikan solusi . Tidak-tidak, yang pasti fungsi Mix_PlayChannel hanya akan mencari channel yang tersedia lalu memainkan soundnya. Lalu argumen kedua adalah variabel yang akan digunakan. Dan yang ketiga adalah 'loop' atau putaran, yaitu berapa kali sound akan diputar lagi. Dalam hal ini nilai adalah nol jadi tidak ada siaran ulang . Fungsi Mix_PlayChannel ini kita letakkan di dalam kelas tombol, pada fungsi proses. Tepatnya berada pada pengecekkan apakah tombol di klik dengan benar?. Fungsi ini akan menghasilkan nilai -1 jika terdapat masalah saat memainkan sound FX, sehingga kita dapat menambahkan kondisi 'if'. Jika ingin melakukan sesuatu saat memainkan sound FX bermasalah, misal menampilkan pesan error, langsung menutup program, dan sebagainya.

Selanjutnya kita beralih ke fungsi untuk memainkan musik, yaitu "Mix_PlayingMusic()" dan "Mix_PlayMusic()". Kita periksa terlebih dahulu apakah musik sedang dimainkan? Jika belum (bernilai 0) maka saatnya memainkan musik dengan Mix_PlayMusic(). Argumen pertama adalah variabel atau musik yang akan dimainkan. Argumen kedua adalah berapa banyak waktu untuk berputar kembali (loop). Kita mengaturnya dengan nilai -1, yang artinya akan terus berputar sampai dihentikan paksa. Jika terjadi masalah maka fungsi ini akan bernilai -1, dan mungkin terpaksa program harus ditutup dengan return 1.

Karena aku tidak bisa menciptakan sound efek apalagi musik sendiri, jadi terpaksa pakai sound efek dan musik dari game lain dalam aplikasi ini. Dan jika ini yang anda lakukan juga ketika membuat game atau aplikasi biasa, sebaiknya membuat sebuah layout credits atau sejenisnya. Layout ini menjelaskan bahwa "Sound Effects" or "Musics" berasal dari game apa, situs apa atau siapa pembuatnya, dan anda berterima kasih karena itu. Hargai karya orang lain maka karya anda pasti dihargai . Akhir kata, Happy nge-Mix!

- krofz

No comments:

Post a Comment

Maaf jika komentar anda lama terbitnya ^__^, penulis berusaha OL sesering mungkin. Komentar anda adalah semangat blog ini, dan juga semangat para blogger lainnya. You can use XHTML tags: <a href="" rel="link"> </a>, <strong> </strong>, <b> </b>, <em> </em>, <i> </i>.

Spesial character use :
&lt; for <
&gt; for >


Use Pastebin.com for alternative to display your code :) .

 

back to top

back to top