Monday, 26 July 2010

Recovery Netbook Dell dan Acer One

Semakin canggih saja teknologi saat ini, terutama hardware-hardware sekarang yang bentuknya semakin kecil tetapi lebih canggih dari generasi sebelumnya. Sebut saja laptop yang dulu gedenya bukan main, dan beratnya mungkin hampir sama dengan mengendong seorang bayi (masa sih?) hahaha . Sekarang bentuknya mengecil hingga layarnya hanya 12-14 inch (dengan model widescreen) saja, dan biasa disebut Notebook. Masih dirasa kurang kecil dan kurang ringan, dibuat lagi yang ukuran layarnya hanya 10 inch, bentuk ini yang dinamakan Netbook.

Berbeda dengan Notebook yang rata-rata mempunyai Disc Player atau CD/DVD Drive, sedangkan Netbook tidak. Sehingga jika terjadi kerusakan pada Sistem Operasi (SO) akan mempermudah dalam menginstal ulang SO-nya kembali. Mungkin hal ini tidak masalah jika mempunyai DVD Eksternal atau alat tambahan seperti konverter IDE/SATA to USB dengan menggunakan CD/DVD Drive PC. Atau yang lebih ekstrem lagi menginstal dengan LAN/Network bahkan UFD (USB Flash Disk). Menginstal melalui perangkat eksternal memang rentan sekali gagal, misal menginstal melalui DVD Eksternal yang mungkin koneksinya sudah lemah sehingga kesenggol dikit bisa membuat perangkat tidak dikenali lagi. Belum lagi jika selesai drivernya umumnya belum terinstal. Dan jika Sistemnya Original/OEM seperti Windows maka perlu melakukan proses aktivasi yang lagi-lagi belum tentu berjalan lancar.

Tetapi tenang saja, netbook sekarang sudah terdapat cara 'Recovery System' yang tak perlu lagi melalui CD/DVD seperti jaman dulu. Cukup dengan menekan beberapa tombol saat boot awal Netbook maka anda akan dibawa keproses recovery sistem. Syaratnya cuma 2, yaitu tahu tombol recoverynya dan yang terpenting partisi Recoverynya tidak hilang atau terhapus. Partisi ini umumnya dihidden sehingga tidak terlihat (misal di My Computer) saat sistem selesai diinstal. Partisi ini hanya dapat dilihat dengan utiliti Disk Management untuk memastikan bahwa recovery dapat dilakukan. Bagaimana kalau sistem sudah tidak dapat berjalan dengan normal bahkan baru muncul tampilan awal, misal Windows XP saja sudah langsung restart?. Untuk mengetahui ada atau tidaknya partisi dapat menggunakan Bootable Disc seperti Hiren Boot CD (HBCD).

Langsung saja kita praktekkan, yang perlu dilakukan terlebih dahulu adalah memastikan bahwa tidak ada Data penting di dalam Netbook. Karena sudah pasti recovery akan membabat semua data yang ada di dalam partisi (umumnya drive C). Lakukan penyelamatan terlebih dahulu, bisa dengan safe mode (kalau masih jalan), bootable CD atau Live CD (misal HBCD atau ubuntu), dan jika masih belum berhasil cabut HDD-nya lalu gabungkan dengan komputer yang lain. Berikut ini tombol Recovery untuk Netbook Acer Aspire One, tekan secara bersamaan saat booting Netbook:

[ALT] + [F10]


Sedangkan untuk Netbook Dell:
[CTRL] + [F11]


Maklum untuk posting yang beginian karena pekerjaanku menjadi teknisi komputer tak memberiku waktu yang banyak saat ini hehehe atau karena males? hahaha . Untuk Notebook atau Netbook yang lain (mudah-mudahan) nanti akan menyusul .

- krofz

No comments:

Post a Comment

Maaf jika komentar anda lama terbitnya ^__^, penulis berusaha OL sesering mungkin. Komentar anda adalah semangat blog ini, dan juga semangat para blogger lainnya. You can use XHTML tags: <a href="" rel="link"> </a>, <strong> </strong>, <b> </b>, <em> </em>, <i> </i>.

Spesial character use :
&lt; for <
&gt; for >


Use Pastebin.com for alternative to display your code :) .

 

back to top

back to top