Monday, 29 November 2010

Cryptography Sederhana (1)

"Abcd EfghI = Saya Gamer???"


Cryptography adalah seni dalam menyamarkan informasi. Misalkan ada informasi yang akan disamarkan, contohnya kata "Tester" (informasi asli ini dinamakan plaintext) akan disamarkan menjadi "Uftufs" (hasil akhirnya dinamakan chipertext). Lalu bagaimana kata "Tester" dapat berubah menjadi kata yang aneh tersebut? Kalau sudah tahu pasti gampang (ya iyalah.. ). Jika diperhatikan dengan seksama huruf 't' menjadi 'u', dan 'e' menjadi 'f', yang berarti huruf selanjutnya dari huruf informasi yang asli. Jika sudah di enkripsi (disamarkan) tentu harus di dekripsi (dipecahkan / diungkap). Jika disamarkan dengan menambah satu poin dari karakter aslinya, maka perlu dipecahkan dengan mengurangi satu poin dari informasi yang telah dienkripsi.

Sebagai contoh, silahkan anda coba download terlebih dahulu (jika belum) lalu mainkan game Kapal Luar Angkasa tersebut. Habisi beberapa musuh lalu tutup gamenya, selanjutnya buka kembali maka anda akan mendapati nilai Highscore sesuai dengan score terakhir anda menutup program. Tentunya jika nilainya lebih besar dari highscore sebelumnya. Nilai highscore ini tersimpan pada file bernama "nilai.hs". Dengan sedikit trik, maka kita dapat memanipulasi nilai highscore saat program dijalankan. Triknya adalah dengan merubah nilai (highscore) pada file "nilai.hs" sesuai keinginan. Jika anda bertanya bagaimana melakukannya berarti anda belum pantas menjadi Hacker, atau Cracker xD hehehe. Memang file ini akan terlihat seperti file yang tidak dapat dibuka begitu saja, seperti gambar berikut:

Gambar 1. File dengan format '.hs', sebuah format yang menipu. File yang tidak memiliki asosiasi file pada a). WinXP, dan b). Win 7.

Tetapi anda salah! file ini dapat dibuka dengan mudah dengan notepad dan anda akan mendapati nilai Highscore terakhir!!!. Silahkan ubah nilainya sesuka hati dengan angka tertinggi, dan Yeah.. game buatan kita telah di-hack, selamat.. . Dengan skenario hebat diatas, tentu kita tidak ingin terjadi di game buatan kita nanti. Sekalipun itu membuat mereka (para hacker) senang dan memainkannya lagi dengan kombinasi-kombinasi yang dapat terjadi. Tetap saja itu takkan bertahan lama, yang tertinggal hanya kebosanan. Untuk itu kita perlu mempelajari teknik ini, jadi tunggu bagian kedua tulisan ini hehehe...

- krofz

No comments:

Post a Comment

Maaf jika komentar anda lama terbitnya ^__^, penulis berusaha OL sesering mungkin. Komentar anda adalah semangat blog ini, dan juga semangat para blogger lainnya. You can use XHTML tags: <a href="" rel="link"> </a>, <strong> </strong>, <b> </b>, <em> </em>, <i> </i>.

Spesial character use :
&lt; for <
&gt; for >


Use Pastebin.com for alternative to display your code :) .

 

back to top

back to top