Wednesday, 24 November 2010

Kapal Luar Angkasa v0.2 (4)


"Semua Terekam tak Pernah Mati"
The Upstairs Band


Game sekarang yang memiliki banyak peta, tantangan, dan jenis mode permainan, membuatnya semakin kompleks dan lama untuk diselesaikan. Untuk itulah program kita harus dapat membuat, menulis, dan membaca sebuah file, atau yang biasa disebut "Save Game". Pengertian yang dimaksud, dapat juga berupa penyimpanan pengaturan opsi (option setting), seperti "Music On", "Sound FX Off", dll. Sehingga saat program dijalankan lagi di lain waktu maka tidak perlu mengaturnya lagi, jika dirasa setting-an default tidak sesuai. So, berikut kode pada program kita:


...
    if( getHighscore() < highscore){
        //simpan highscore
        std::ofstream saveNilai("nilai.hs");
        saveNilai<<highscore;
        saveNilai.close();
    }
...

Kode diatas terletak sebelum pembersihan variabel-variabel surface. Terlihat sangat sederhana karena banyaknya nilai atau data yang harus disimpan masih sedikit bahkan cuma satu, yaitu hanya highscore. Highscore ini sebagai pemicu pemain untuk terus bermain menyusul highscore yang sudah ada hehehe. Sudah mengertikan kode diatas? Kalau belum lihat lagi bagian ini. Setelah ditulis tentu harus dapat dibaca, hehehe . Kalau begitu lansung saja berikut kodenya:


...
int getHighscore()
{
    //hs = highscore
    int temp = 0;
    std::ifstream nilai("nilai.hs");

    if( nilai != NULL){
        nilai>>temp;
        if( temp < 0) temp = 0;
        else if( temp > MaxScore) temp = MaxScore;
    }
    nilai.close();

    return temp;
}

...
 //di dalam fungsi main
    highscore = getHighscore();
...

Kalau masih belum jelas dengan kode diatas silahkan lihat cara Membaca Sebuah File. Intinya kita membuat fungsi dengan tipe data int agar highscore mendapat nilai kembalian (return) yang sesuai. Selain menyimpan nilai highscore, kita juga dapat membuat agar program menyimpan koordinat terakhir, power yang dimiliki, dsb. Sehingga tercipta yang namanya "Load Game", hehehehe . So, sampai disini program kita sudah cukup komplit (complete), akhir kata Happy Coding!.

- krofz

3 comments:

Maaf jika komentar anda lama terbitnya ^__^, penulis berusaha OL sesering mungkin. Komentar anda adalah semangat blog ini, dan juga semangat para blogger lainnya. You can use XHTML tags: <a href="" rel="link"> </a>, <strong> </strong>, <b> </b>, <em> </em>, <i> </i>.

Spesial character use :
&lt; for <
&gt; for >


Use Pastebin.com for alternative to display your code :) .

 

back to top

back to top