Saturday, 22 January 2011

Code::Blocks 10.05


Jangan sampai tertinggal!


Tahun 2010 telah berlalu, selamat datang 2011. Tulisan pertama di Tahun 2011 ini memang sedikit telat (apa sudah terlalu lama? ). Dan untuk mengawali tahun ini mari kita gunakan versi terbaru dari IDE Code::Blocks, yaitu 10.05. Dan dapat di download melalui link berikut http://www.codeblocks.org/downloads . Tersedia untuk berbagai pilihan program, yaitu Download the binary release, Download the source code (Hey! ada source codenya), atau Retrieve source code from SVN (Sepertinya bukan pilihan yang mudah). Pilih Download the binary release, lalu download program sesuai Sistem Operasi yang digunakan. Sebetulnya versi terbaru ini sudah lama di release saat tulisan ini dibuat tapi 'ya sudahlah' (kata Bondan) .

Salah satu yang jelas terlihat adalah logo, karena bagian ini pasti terlihat saat instalasi ataupun saat program dijalankan:

Gambar 1. Logo Code::Blocks versi a). 8.02, dan b). 10.05

Tapi sepertinya bagian ini nggak terlalu penting . Selanjutnya saat program dijalankan, secara tampilan tidak terlalu signifikan, baik menubar ataupun toolbar hanya menggunakan icon yang lebih modern dan glossy. Layaknya sebuah game atau aplikasi lainnya setiap penambahan versi selalu ada perubahan dan penambahan (atau bahkan kekurangan?). Beberapa perubahan yang cukup terasa bagi saya adalah saat menggunakan fungsi bermanfaat seperti "srand((unsigned)time(NULL))" dan "system(const char*)". Dimana pada versi sebelumnya lancar-lancar saja jika hanya menyertakan library < iostream >. Tapi sekarang harus lebih spesifik dengan menyertakan library < time.h > untuk srand(), dan < cstdlib > untuk system().

Dan beberapa fitur yang cukup terasa adalah 'Brace Completion', fitur ini akan otomatis membuat akhiran saat kita membuka tanda kurung atau kurawal. Ini dimaksudkan agar kita tidak lupa untuk membuat akhiran atau penyelesaian (completion). Untungnya fitur ini tidak sekedar membuat akhiran, contoh ketika mengetik "int main(" maka secara otomatis akan terbentuk "int main()" dengan posisi kursor ditengah. Setelah selesai mengetikkan argumen kita tidak perlu khawatir untuk membuat akhirannya lagi ")" karena hasilnya tidak seperti berikut "int main())". Melainkan program akan otomatis menghapus yang belakangnya. Yang pasti anda harus segera meng-update CB anda!!....

- krofz

2 comments:

Maaf jika komentar anda lama terbitnya ^__^, penulis berusaha OL sesering mungkin. Komentar anda adalah semangat blog ini, dan juga semangat para blogger lainnya. You can use XHTML tags: <a href="" rel="link"> </a>, <strong> </strong>, <b> </b>, <em> </em>, <i> </i>.

Spesial character use :
&lt; for <
&gt; for >


Use Pastebin.com for alternative to display your code :) .

 

back to top

back to top