Friday, 28 January 2011

Tile Map dengan SDL (1)

Luasnya 16 x 12


Tile Map, atau jika diubah menjadi bahasa Indonesia-nya adalah "Peta Ubin" merupakan sebuah lingkungan game (berupa peta/area permainan) yang digambarkan berdasarkan pola seperti ubin dengan ukuran tertentu secara berulang-ulang. Berbeda dengan penggambaran background biasa (contohnya seperti game Zuma atau Plants VS Zombie), game ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya yaitu ukuran game dapat dikompres / dikecilkan karena cukup dengan 2 atau beberapa gambar kecil (berbentuk ubin/kotak) lingkungan gamepun dapat dibuat. Kekurangannya lingkungan game akan terlihat kaku dan perlu lebih banyak gambar untuk dapat menciptakan lingkungan yang lebih halus dan realistis. Tidak seperti penggambaran Background biasa yang dapat diciptakan dengan cepat, tapi dengan konsekuensi ukuran yang besar (pada umumnya):

Gambar 1. Game Warlord IV dengan Battle menggunakan penggambaran Background biasa (sumber: Internet).

Jika anda suka bermain game Nitendo di era 90-an (di Indonesia baru ada di tahun itu kali yah? ) tentu kenal dengan game Mario Bros, kalau belum kenal, silahkan kenalan dulu :

Gambar 2. Mario Bros, salah satu game yang me-Legenda! (sumber: Internet).

Dapat dilihat cukup dengan 3 gambar tile tersebut (tidak termasuk rumput dan pipa) sudah dapat menciptakan lingkungan permainan untuk sih paman Mario. So, langsung saja kita mulai dari yang sederhana, berikut program beserta source code yang diperlukan:

Link : http://www.ziddu.com/download/13552658/46_Tile_Map.a.7z.html
Size : 247.01 KB

Jalankan program tersebut maka akan terlihat hasilnya seperti berikut (tanpa angka 1-16 kesamping, dan 1-12 kebawah):

Gambar 3. Tile Map pertama kita!

Pada tulisan selanjutnya akan kita bahas kode-kode yang mungkin masih amat sangat asing dan aneh ini...

- krofz

No comments:

Post a Comment

Maaf jika komentar anda lama terbitnya ^__^, penulis berusaha OL sesering mungkin. Komentar anda adalah semangat blog ini, dan juga semangat para blogger lainnya. You can use XHTML tags: <a href="" rel="link"> </a>, <strong> </strong>, <b> </b>, <em> </em>, <i> </i>.

Spesial character use :
&lt; for <
&gt; for >


Use Pastebin.com for alternative to display your code :) .

 

back to top

back to top