Monday, 16 September 2013

Rumus Sakti Grayscale untuk RGB


Gambar grayscale adalah gambar yang memiliki warna piksel pada rentang gradasi hitam dan putih, jadi bukan cuma hitam (pekat) dan putih (pekat) saja. Dengan menggunakan rumus sakti berikut warna RGB dapat mudah dijadikan grayscale dengan mudah :

Warna RGB Normal

  • Menggambil nilai rata-rata dari warna RGB lalu letakkan masing-masing dengan hasil yang didapat. Contoh R=150,G=20,B=50, maka Y = (150 + 20 + 50) / 3. Lalu kita letakkan variabel Y pada warna R, G, dan B sehingga hasilnya seperti berikut :

    Warna Grayscale dengan metode rata-rata (Average)

  • Selain nilai rata-rata seperti diatas, ada juga rumus yang lebih sakti , yaitu menggalikan nilai R dengan 0.2126 (nol koma dua sekian) , G dengan 0.7152 (nol koma tujuh sekian), dan B dengan 0.0722 (nol koma nol tujuh sekian). Sehingga dirumuskan menjadi Y = (R*0.2126) + (G*0.7152) + (B*0.0722) . Terakhir letakkan nilai tersebut ke variabel R,G, dan B. Sehingga akan tampak seperti gambar berikut:

    Grayscale dengan metode Luminosity
Untuk programnya menyusul.

- krofz

No comments:

Post a Comment

Maaf jika komentar anda lama terbitnya ^__^, penulis berusaha OL sesering mungkin. Komentar anda adalah semangat blog ini, dan juga semangat para blogger lainnya. You can use XHTML tags: <a href="" rel="link"> </a>, <strong> </strong>, <b> </b>, <em> </em>, <i> </i>.

Spesial character use :
&lt; for <
&gt; for >


Use Pastebin.com for alternative to display your code :) .

 

back to top

back to top