Friday, 4 April 2014

Kedalaman dua atau lebih jenis Objek (2)



Yang perlu diperhatikan adalah saat pengambilan koordinat pada sumbu Y, perhatikan gambar berikut :
Gambar. A) urutan bermasalah, B) urutan yang benar.


Dapat dilihat pada gambar diatas bahwa pada huruf A, bola berwarna biru berada didepan bola berwarna hijau. Itu berarti bola hijau ditampilkan lebih dahulu lalu dilanjutkan dengan bola biru. Pada gambar diatas bola biru berada pada koordinat Y = 75 dan bola hijau = 50. Hal ini wajar karena program menampilkan objek dimulai dengan sumbu Y terkecil. Perlu diperhatikan! semakin kebawah nilai sumbu Y semakin bertambah (positif) berbeda dengan Koordinat Kartesius pada Matematika . Karena pada kode kita sebelumnya, pengurutan dimulai dari yang terkecil, sehingga perlu perbaikan agar tampak seperti kondisi B pada gambar diatas. Eitss tenang dulu kita tidak menampilkannya dari yang terbesar dahulu, lalu? lihat solusi berikut.

Solusinya dengan menambahkan tinggi objek tersebut saat pengambilan nilai Y untuk variabel LowY atau Y terendah (penamaannya hanya istilah dengan pandangan semakin kebawah objeknya semakin rendah Y-nya walaupun pada program nilai Y bertambah :P). Sehingga didapat pada contoh diatas koordinat Y bola biru = 120, dan koordinat Y bola hijau = 140. Atau dapat juga menampilkan objek dengan menggunakan koordinat sebenarnya saat pengambilan nilai Y tanpa menambahkan tinggi, tetapi saat menampilkan objek posisi gambar diletakkan pada sumbu Y dikurang tinggi. Akhir kata, happy coding! :D

- krofz

1 comment:

  1. bravo, terus update blognya (y)

    ReplyDelete

Maaf jika komentar anda lama terbitnya ^__^, penulis berusaha OL sesering mungkin. Komentar anda adalah semangat blog ini, dan juga semangat para blogger lainnya. You can use XHTML tags: <a href="" rel="link"> </a>, <strong> </strong>, <b> </b>, <em> </em>, <i> </i>.

Spesial character use :
&lt; for <
&gt; for >


Use Pastebin.com for alternative to display your code :) .

 

back to top

back to top