Wednesday, 13 May 2015

Dasar-dasar Basis Data MySQL (1)


Kali ini kita akan membuat suatu database sederhana. Sebelum melanjutkan saya ingin menyampaikan bahwa tulisan ini dibuat dengan menggunakan MySQL 5.5 , sebagian besar queri yang digunakan bersifat umum dan dapat digunakan pada sistem database lainnya.

Saat pertama kali menginstal DBMS seperti MySQL, masalah yang sering muncul adalah tampilannya yang masih command line. Meskipun ada banyak program GUI yang membantu proses pembuatan database pada MySQL, tidak ada salahnya jika kita melakukan melalui command line-nya MySQL. Selain lebih cepat dapat membantu dalam penguasaan bahasa SQL. Pertama-tama jalankan MySQL Command Line selanjutnya kode berikut :

.
CREATE DATABASE LatihanMSBD;
.
Membuat database dengan nama LatihanMSBD. Catatan : penggunaan titik koma ( ; ) pada akhir kalimat, untuk mengakhiri statement. Kita juga dapat menjalankan beberapa baris statement queri SQL pada satu perintah, contoh :

.
CREATE DATABASE LatihanMSBD;
CREATE DATABASE DBTiket;
CREATE TABLE NamaTable( … );
.
Selanjutnya, pembuatan table sederhana. Sebelumnya pilih salah satu database yang akan digunakan dengan perintah command line berikut :

.
USE Nama_Database_yang_akan_digunakan;
.
Jangan lupa untuk menuliskan titik koma ( ; ) walaupun tahap ini bisa ditulis tanpa titik koma, tapi bisa jadi kebiasaan yang baik kalau kita sering menuliskannya ;D . Jika sukses (muncul pesan database changed) ketikkan kode berikut :

.
CREATE TABLE Member(
   KodeMember INT,
   Nama VARCHAR(50)
);
.
Membuat table dengan nama Member yang berisi 2 kolom : KodeMember bertipe integer, dan Nama bertipe Varchar dengan size 50. Table diatas tanpa Primary Key atau Foreign Key.

.
CREATE TABLE JenisMember(
   KdJenisMember VARCHAR(20) NOT NULL PRIMARY KEY,
   Nama VARCHAR(50),
   Diskon DOUBLE(10,2)
);
.
Table diatas berisi tiga field / column dengan kdJenisMember sebagai Primary Key. Untuk primary key jika kita tidak menambahkan opsi Not Null secara otomatis sistem akan menambahkan perintah Not Null karena primary key tidak boleh NULL. Untuk melihat table apa saja yang sudah kita buat dapat menggunakan perintah command line berikut :

.
Show Nama_Tables;
.
Maka akan tampil seluruh table pada database yang sedang aktif pada command line. Table sudah tercipta, saat nya melakukan perubahaan pada kolom, perhatikan queri berikut :

.
ALTER TABLE Member ADD  Alamat2 VARCHAR(50); 

ALTER TABLE Member
   ADD  Alamat3 VARCHAR(50) NOT NULL, 
   ADD Alamat4 VARCHAR(50); 

ALTER TABLE Member
   ADD (Alamat VARCHAR(50) NOT NULL,  NoTelp VARCHAR(15)); 
.
Menambahkan kolom pada table Member dengan menggunakan Add (huruf besar atau kecil tidak masalah). Pembuatan 2 field/kolom dapat dipersingkat dengan tanda kurung buka dan kurung tutup.

.
ALTER TABLE Member ADD TanggalLahir DATE AFTER Nama;
.
Menambahkan kolom TanggalLahir setelah kolom Nama pada table Member. Selanjutnya :

.
ALTER TABLE Member ADD (KdJenisMember VARCHAR(20),
   FOREIGN KEY(KdJenisMember) REFERENCES JenisMember(KdJenisMember));
.
Menambahkan kolom KdJenisMember sekaligus menambahkannya sebagai Foreign Key.

.
ALTER TABLE Member MODIFY COLUMN KdJenisMember VARCHAR(25) AFTER KodeMember;
.
Mengubah kolom kdJenisMember, tipe data berubah menjadi Varchar dengan ukuran 25 (jika ukuran lama berbeda, maka akan berubah menjadi ukuran baru) dan posisi kolom berada setelah KodeMember.

.
Describe Nama_Table;
.
Perintah command line diatas untuk mengetahui field/kolom apa saja yang terdapat pada suatu table beserta informasi masing-masing kolom.

.
ALTER TABLE Member DROP NoTelp2; 
ALTER TABLE Member DROP NoTelp3, DROP NoTelp4;
.
Menghapus kolom pada table Member dengan menggunakan Drop. Masih banyak queri-queri lainnya yang akan menyusul. Akhir kata, Happy Coding! :D

- krofz

No comments:

Post a Comment

Maaf jika komentar anda lama terbitnya ^__^, penulis berusaha OL sesering mungkin. Komentar anda adalah semangat blog ini, dan juga semangat para blogger lainnya. You can use XHTML tags: <a href="" rel="link"> </a>, <strong> </strong>, <b> </b>, <em> </em>, <i> </i>.

Spesial character use :
&lt; for <
&gt; for >


Use Pastebin.com for alternative to display your code :) .

 

back to top

back to top